√ Tahapan Siklus dan Daur Hidup Lebah Madu

By | September 13, 2020

 

daur hidup lebah madu

siklus hidup lebah madu adalah metamorfosis yang sempurna yang benar, karena tahapan daur hidup lebah yang tepat dimulai dari 4 fase yaitu dari telur, larva, kepompong, dan lebah dewasa. Setiap fase siklus hidup lebah memerlukan waktu yang berbeda-beda. Siklus hidup lebah termasuk dalam metamorfosis lebah yang sempurna.

Lebah merupakan serangga yang menghasilkan madu yang melalui proses metamorfosis yang sempurna. Siklus hidup lebah madu hampir sama, contoh nya lebah madu trigona, klanceng. Fase siklus hidup lebah madu klanceng dimulai ketika sang ratu lebah mulai bertelur yang diletakkan di dalam sarang.

Dalam daur hidup lebah madu akan terdapat 3 jenis lebah yaitu: ratu lebah, lebah jantan, dan lebah pekerja. Setiap jenis mempunyai tugas dan tangung jawab masing-masing, dalam setiap koloni perbandingan lebah jantan hanya 10% dari lebah betina.

Daur Hidup Lebah Madu

tahapan daur hidup lebah madu

Pada bagian ini akan dijelaskan proses tahapan siklus hidup lebah madu yang tepat. Sedangkan untuk capung, lalat, nyamuk berbeda. Karena mereka tidak mengalami proses metamorfosis yang sempurna.

Fase siklus hidup lebah madu yang melalui proses metamorfosis sempurna melalui 4 tahapan siklus yaitu :

  1. fase siklus telur
  2. fase siklus larva ( masih berbentuk ulat )
  3. fase siklus pupa ( berbentuk kepompong )
  4. fase siklus imago ( sudah berbentuk lebah dewasa )

Untuk penjelasan lengkap tahapan daur hidup lebah madu yang tepat, silahkan baca dibawah ini :

Daur hidup lebah fase telur

Fase Telur adalah fase tahapan siklus hidup lebah pertama kali, ratu lebah akan meletakkan telur dalam sarangnya, setiap hari bisa bertelur 1500-2000 butir. Telur diletakkan di lubang sarang yang masih terbuka, setelah itu para lebah perawat mulai menutup lubang tersebut agar terhindar dari hama dan predator.

Dalam sarang lebah terdapat banyak rongga sel, satu rongga sel hanya di isi satu telur oleh lebah ratu. Ukuran telur sangat kecil, untuk melihat sel telur dengan jelas maka diperlukan kaca pembesar atau mikroskop.

Ukuran telur lebah lebih kecil dari 1 butir beras, sel telur lebah hanya 1,7mm, sangat kecil bukan. Pembagian kasta dimulai dari saat telur diletakkan dalam sel sarang, ukuran sel sarang antara lebah pekerja dan lebah jantan berbeda.

Dalam fase telur manjadi larva hanya dibututuhkan waktu sekitar 3 hari, lebah pekerja, lebah jantan juga sama 3 hari. Semua telur akan berubah setelah 3 hari.

Daur hidup lebah fase larva

Setelah 3 hari maka sel telur akan berubah menjadi larva, ukuran larva hanya sekitar sebutir beras dan berwarna putih. Dalam proses larva ini, mereka masih berada dalam sel sarang.

Fase ini larva mengantung di dinding sel sarang, ujung tubuh larva akan berwarna merah. Dan banyak dicari orang untuk pakan umpan mancing.

Dalam tahap siklus hidup lebah larva ini bisa dikatakan sangat rakus makan, mereka bisa makan ratusan kali per hari. Makanan mereka adalah serbuk sari yang dibawa oleh lebah pekerja.

Dalam 5 hari makan serbuk sari tubuh larva akan bertambah besar, lalu lubang dalam sel sarang akan ditutup oleh lebah pekerja. Seletah ditutup maka adalah proses larva menuju menjadi pupa.

Daur hidup lebah fase pupa

Proses pupa akan berlangsung 12 hari, dalam masa pupa ini lebah terjadi proses pembentukan organ tubuh lebah. Seperti, kepala, kaki, mata, dan sayap mulai tumbuh.

Setelah proses 12 hari selesai maka, pupa akan mulai tumbuh bulu halus dan akan memakan sarang lilin yang digunakan untuk menutup sal sarang.

Setelah siklus hidup lebah pupa berakir, maka proses selanjutnya lebah akan menuju proses lebah dewasa.

Baca juga : Cara mengobati sengatan lebah

Fase lebah dewasa

Ini adalah metamorfosis terakir dari siklus dan siklus hidup lebah madu, pada fase ini lebah akan mulai belajar terbang dan menjalani tugas dan kewajiban masing-masing jenis, sesuai dengan kasta nya.

Ratu lebah bertugas untuk bertelur setiap hari, lebah pekerja bertugas dalam mencari dan mengumpulkan sumber makanan, lebah jantan bertugas untuk mengawini ratu lebah untuk kelangsungan hidup koloni nya.

Tahapan Daur Hidup Lebah madu

Apakah tahapan daur hidup lebah madu yang tepat? yuk simak artikel dibawah ini:
tahapan daur hidup lebah madu hampir sama semua. Mulai dari jenis lebah klanceng, mellifera, dorsata, cerana dll. daur hidup lebah pertama kali adalah proses lebah ratu mulai kawin dengan pejantan, lalu telur dari ratu lebah akan diletakkan kedalam sel rongga dalam sarang madu.

tahapan daur hidup lebah madu dimulai dari :

  1. telur
  2. larva
  3. pupa
  4. imago/lebah dewasa

Penutup

Diatas sudah kami sampaikan beberapa proses siklus dan siklus hidup lebah madu dan proses metamorfosis lengkap, mulai dari telur, larva, pupa dan lebah dewasa.