Persiapan budidaya dan Ternak lebah madu

By | September 12, 2020

cara ternak lebah madu

Budidaya lebah madu – sebelum memulai lebih baik lakukan persiapan matang, cari informasi tentang cara budidaya lebah madu. Mulai dari pemilihan jenis lebah, sarana dan prasarana pendukung, memahami siklus hidup lebah, cara panen lebah madu.

Selain produk utama madu. Lebah madu juga menghasilkan bee pollen, propolis, sarang madu dan royal jelly. Semua produk lebah sangat bagus dikonsumsi untuk kesehatan tubuh manusia.

Selama ini kita hanya mengenal madu sebagai produk dari lebah madu. Mulai sekarang yuk konsumsi produk lain dari lebah madu ini.

Dibawah ini akan kami sampaikan beberapa tahapan sebelum anda memulai ternak lebah madu :

Jenis lebah madu yang bisa diternak

Jenis lebah madu yang ada di dunia ada banyak sekali, namu hanya beberapa yag bisa di budidaya ternak. Yang umum dibudidaya di indonesia ada 3 jenis yaitu :

Apis cerana

Apis cerana atau biasa disebut lebah lokal, lebah ini bisa tersebar banyak dibenua asia. Lebah ini jarang digembalakan, jadi kita harus menyediakan sumber pakan yang banyak di sekitar peternakan jika kita budidaya lebah manu ini.

Apis mellifera

Apis mellifera atau biasa disebut lebah import dan unggul, lebah ini berasal dari dataran eropa, mempunyai fisik yang lebih besar dari apis cerana.

budidaya lebah madu ini  dengan cara digembalakan, jadi meraka hidup berpindah pindah sesuai dengan sumber pakan yang melimpah.

Apis trigona / klanceng

Apis klanceng adalah lebah paling kecil diantara cerana dan mellifera, lebah ini  menghasilkan rasa madu yang sangat khas yaitu asam. Lebah ini tidka bersengat dan menghasilkan propolis paling banyak.

Baca Juga : Siklus hidup lebah madu

Mengenal kasta dalam koloni lebah

Setiap koloni lebah biasanya terdapat beberapa jenis kasta, ada ratu lebah, lebah pekerja, lebah jantan. Dan mereka mempunyai tugas dan kewajiban masing masing.

Ratu lebah

Dalam satu kotak koloni lebah hanya terdapat satu ratu lebah, bertugas untuk bertelur sepanjang hidup nya, makanan utama ratu lebah adalah royal jelly.

Lebah pekerja

Lebah ini bertugas mencari dan mengumpulkan sumber makanan untuk kelangsungan hidup koloni nya, makanan mereka adalah madu.

Lebah jantan

Bertugas hanya untuk kawin dengan ratu lebah, setelah kawin mereka akan mati. Lebah ini biasanya tidak pergi keluar sarang, mereka menunggu ratu siap untuk dibuah i.

Sarana dan prasarana budidaya lebah madu

Persiapan sarana dan prasarana penunjang budidaya lebah madu sangat banyak. Mulai dari pemilihan bibit, rumah lebah, sumber pakan, pakaian saat panen dll.

Dibawah ini akan kita bahas satu persatu :

Ciri bibit lebah madu yang bagus

Untuk memperbanyak produksi madu, lebah meliffera harus digembalakan di tempat yang banyak sumber pakan nya, sehingga ratu lebah dapat bertelur banyak sehingga koloni akan besar dan kuat. Lalu mereka akan menghasilkan jumlah madu yang banyak.

Lebah yang bagus mempunyai kriteria sebagai berikut :

  1. Mempunyai ratu lebah dan berumur antara 3 buan sampai 12 bulan, menandakan bahwa kolini ini bagus
  2. Pilih koloni lebah yang agresif
  3. Larva yang dihasilkan lebih besar
  4. Hasil panen setiap kotak koloni melimpah

Persiapan alat budidaya lebah

  1. Siapkan rumah lebah yang merupakan tempat lebah menyimpan madu dan berkembang biak.
  2. Alat untuk pengasapan saat panen
  3. Masker pelindung tubuh
  4. Pengukit sisiran buat tempat sarang
  5. Penyikat sisiran lebah madu
  6. Jebakan pollen, untuk panen bee pollen
  7. Frame untuk tempat meyiman royal jelly
  8. Alat untuk meniriskan sarang lebah

Menyipakan sumber pakan lebah

Sebelum memulai budidaya lebah madu siapkan dahulu sumber pakan di sekitar, dengan banyak menanam pohon buah dan bunga yang banyak.

Dengan sumber vegetasi yang banyak maka hasil panen madu akan melimpah banyak.

Proses panen lebah madu

Saat proses panen disarankan memakai baju pelindung agar terhindar dari sengatan lebah. Saat pengambilan kotak sisiran lebah madu disarankan didampingi seorang ahli yang sudah berpengalaman panan madu.

Sebelum panen kotak lebah diasapi agar lebah pergi dahulu, baru diabil sarang nya dengan hati hati.

Kendala dalam budidaya lebah madu

dalam budidaya lebah madu juga terdapat beberapa kendala, yaitu faktor cuaca dan dari lingkungan masyarakat sekitar.

Faktor cuaca (alam)

Faktor cuaca yang tidak menentu menjadi salah satu hambatan para peternak lebah madu dalam  budidaya lebah. Ketika musim bunga tiba, terjadi hujan deras dan angin yang mengakibatkan para peternak tidak dapat mengembalakan lebah nya. Bunga sudah terlanjur rontok.

Lingkungan masyarakat

Banyak yang masih beranggapan bahwa lebah adalah hama bagi tumbuhan mereka, maka para peternak kadang tidak diperboehkan mengembalakan ternak di sekitar mereka.

Kalaupun bisa, maka sewa lahan akan mahal, mengakibatkan para peternak meruggi.

Sebenarnya lebah membantu proses penyerbukan pada bunga, sehingga buah yang dihasilkan akan menjadi besar dan banyak.

Penutup

Demikian beberapa cara yang perlu dipersiapkan sebelum anda mencoba budidaya ternak lebah madu di indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat.