LEBAH MADU: Mengenal Jenis dan Cara Budidaya

By | September 11, 2020

 lebah madu

Lebah madu adalah jenis serangga yang bersayap yang menghasilkan cairan madu, yang kaya manfaat dan khasiat nya untuk kesehatan. Lebah memproduksi madu yang berasal dari nektar bunga dan menyimpan dalam sarang, yang dihasilkan oleh tawon pekerja. Ratu lebah bertugas untuk bertelur untuk menjaga kelangsungan koloni nya agar tidak punah.

Sarang madu dibuat dari propolis ( perekat dari getah pohon ) dan malam/wax yang diproduksi oleh lebah ratu melalui kelenjar nya. Tugas ratu lebah hanya bertelur dan menetap disarang, makanan dicarikan oleh para lebah pekerja.

Dibawah ini istilah tentang lebah dan penjelasan nya :

Pengertian Lebah Madu

Pengertian lebah madu adalah serangga bersayap yang dapat menghasikan madu yang dikonsumsi oleh manusia. Dalam sarang ada beberapa jenis lebah antara lain : Ratu lebah, lebah pekerja, Lebah jantan, lebah pencari, lebah perawat, lebah pengumpul.

Ratu lebah

Lebah yang tinggal disarang dan bertugas untuk bertelur untuk menghasilkan lebah pekerja, dalam bertelur lebah ratu bisa menghasilkan 1500-2000 butir telur sehari, tidak heran jika dalam satu koloni lebah sangat banyak lebah nya.

Ratu lebah bertugas menjadi pemimpin dalam sebuah koloni lebah. Kemana pun ratu lebah pergi maka para lebah pekerja dalam koloni semua akan mengikuti nya.

Makanan lebah ratu adalah royal jely / susu lebah. Usia hidup ratu lebah kurang lebih bisa 3 th, setelah itu akan mati dan digantikan oleh ratu lebah yang baru.

Lebah pekerja

Lebah pekerja bertugas untuk mencari makanan yang berasal dari nektar bunga, yang akan diolah menjadi madu. Sedang serbuk sari akan diolah menjadi bee pollen.

tawon pekerja mempunyai harapan untuk hidup selama 3 bulan, setelah itu akan mati dan digantikan tawon pekerja yang baru. sedangkan makanan tawon pekerja adalah madu.

Lebah jantan

Lebah jantan bertugas untuk mengawini ratu lebah saat membentuk koloni baru, setelah itu lebah jantan akan mati. Lebah jantan berasal dari telur larva yang tidak dibuahi, yang diberi makan oleh lebah perawat nektar bunga dan madu biasa.

Lebah perawat

Lebah perawat bertugas untuk melayani ratu lebah dan menyiapkan makanan untuk anak-anak lebah / larva. tawon perawat bertugas memproduksi royal jelly sebagai makanan utama ratu lebah, dan memberi makan ratu lebah royal jelly, madu, dan bee pollen.

Lebah pencari

Lebah pencari bertugas mencar sumber makanan, yaitu propolis, nektar bunga dan serbuk sari. Lalu mereka kembali ke sarang dan memberitahukan ke lebah pengumpul tempat sumber makanan.

Lebah pengumpul

Lebah pengumpul hanya mengambil sumber makanan dari satu spesies bunga yang sama dalam satu putaran, kemudian nektar disimpan dalam sarang madu yang masih terbuka.

Jenis lebah madu

Jenis lebah madu yang ada di Indonesia dan menghasilkan madu yang kaya akan manfaat nya antara lain apis dorsata, apis mellifera, apis cerana, apis trigona/klanceng ( lebah madu kerdil).
di pasaran ada madu hutan ( apis dorsata ), madu klanceng ( apis trigona ), madu ternak (apis cerana, apis mellifera). Jenis madu ini memiliki ciri khas masing masing, baik dari kekentalan, rasa, dan aroma.

Simak penjelasan tentang jenis – jenis lebah madu dibawah ini :

Apis Dorsata / lebah raksasa / lebah hutan / lebah tawon gung

Lebah jenis apis dorsata biasa juga disebut lebah hutan, karena lebah ini habitat nya didalam hutan. Ukuran tubuh paling besar dan produktifitas paling banyak diantara jenis apis lain nya.

Penyebaran nya di hutan subtropis asia, termasuk di indonesia. Lebah ini tidak dapat dibudidayakan, sehingga madu harus diambil dan dipanen di hutan langsung.

Apis dorsata ini biasanya membuat sarang di pohon besar seperti sialang di pulau Sumatera. Dalam setiap koloni sarang dapat menghasilkan 15-20kg madu hutan per tahun.

Sengatan apis dorsata sangat menyakitkan bahkan bisa mematikan, jadi saat panen para pemanjat mengunakan pakaian tebal seluruh badan, jadi saat disengat tidak tembus ke badan.

Apis Mellifera /  lebah eropa / lebah import

Apis mellifera adalah lebah paling produktif dalam menghasilkan madu, per tahun bisa 30-50kg per koloni. Lebah ini lebah import dari italy, bentuk fisik lebih kecil dari lebah apis dorsata.

Lebah ini adalah lebah unggulan dan paling banyak di budidayakan di indonesia untuk keperluan komersial.

Apis Cerana / lebah lokal

Apis cerana biasa disebut lebah lokal karena bisa ditemukan hutan indonesia, ukuran fisik lebih kecil dari lebah apis mellifera. Per tahun bisa menghasilkan 2-5kg madu, tergantung vegetasi/sumber pakan yang ada di sekitarnya.
Lebah ini jarang digembalakan/dipindah untuk mencari sumber nektar bunga.yang digembalakan kebanyak jenis apis meliifera.

Apis Trigona / klanceng / florea (lebah madu kerdil)

Apis trigona bisa juga disebut lebah tak bersengat, ukuran tubuh paling kecil diantara lain nya,  sangat unik karena menghasilkan madu dengan rasa yang khas yaitu asam. Beda dengan kebanyakan madu jenis lain yang rasa nya manis.

Baca Juga : Madu Klanceng,Madu asam manis kaya manfaat

Bisa juga diternak, namum produktifitas paling sedikit, per tahun hanya 1-3kg madu. Apis trigona ini tidak menyengat dan tidak berbahaya. Jenis apis trigona ini adalah lebah penghasil propolis terbanyak dan terbaik di indonesia.

Nama latin lebah madu

Menurut penelitian para ahli ada sekitar 20.000 spesies, tapi yang dapat menghasilkan madu dan bisa dikonsumsi ada sekitar 7 spesies. Nama ilmiah atau latin yang diketahui menurut para ahli dari genus apis.

Berikut nama latin lebah madu menurut para ahli :

  1. Apis cerana / asiatic honey bee – Lebah timur
  2. Apis Dorsata / lebah raksasa
  3. Apis Mellifera – lebah barat
  4. Apis Florea / lebah Trigona /  lebah Klanceng
  5. Apis Nigrocincta – lebah endemik Sulawesi
  6. Apis koschevnikivi – Lebah merah
  7. Apis andaeniformis – lebah hitam

Ciri Ciri lebah madu

Ciri lebah madu adalah mereka suka hinggap di bunga, untuk mencari sumber makanan. Mereka biasanya bergerombol tidak sendirian dalam mencari makanan.

Ciri lebah madu jenis mellifera antara lain :

  • Lebah mellifera memiliki 3 bagian tubuh, dan bagian belakang berwarna kuning.
  • Warna ratu lebah meillifera berwarna merah kuning kecoklatan
  • Warna lebah jantan cendrung berwarna agak muda
  • Memiliki hasil produktivitas hasil yang tinggi atau unggul
  • Bisa untuk diternakkan dan digembalakan
  • Tahan terhadap serangan bakteri dan hama pada malam hari

Habitat lebah madu

habitat lebah madu penyebaran nya adadi seluruh dunia kecuali benua antartika. Karena lebah tidak bisa beradaptasi di suhu yang dingin ekstrim dan tidak ada sumber makanan yaitu nektar bunga.

Habitat paling banyak di negara subtropis dan tropis, akan tetapi untuk produktifitas nya paling bagus di daerah tropis. Akan menurun hasil madunya saat musim dingin dan penghujan.

Di alam liar habitat nya berada di bebatuan, gua,pohon tumbang dan berlubang,pohon yang tinggi. Kalo untuk lebah ternak mereka dibikin kan kotak/stup lebah untuk tempat tinggal mereka, biasanya lebah yang berada di kotak peternakan adalah jenis apis mellifera, apis cerana, dan apis trigona/florea.

Budidaya ternak lebah madu

Sebelum budidaya lebah madu, sebaiknya persiapkan dan pelajari dahulu hal-hal teknis terkait cara ternak lebah nya dahulu. Agar lebah tidak mati dan pergi karena tidak adanya sumber pakan.

Persiapan dasar budidaya ternak lebah antara lain:

Persiapkan vegetasi / sumber pakan lebah

Sebelum beternak lebih baik siapkan tanaman yang berbunga sepanjang tahun. Bisa tanaman bunga, bisa pohon buah, dan tanaman lain nya, semakin banyak tumbuhan akan semakin banyak hasil panen madu nya.

Persiapan kotak lebah madu

Rumah lebah berbentuk seperti peti kotak dengan lebar 25 cm dan panjang sekitar 30 cm sampai 40 cm. Isi kotak tersebut dengan bingkai kayu sebagai tempat lebah membuat sarang untuk menyimpan madu.

Persiapan memilih jenis lebah madu

Sebelum ternak lebah, tentukan dahulu akan budidaya ternak lebah jenis apa, bisa apis cerana dan apis meillifera. Karena 2 jenis ini lah yang paling banyak dibudidayakan dan menghasilkan madu dengan rasa manis, jika budidaya apis trigona rasa madu nya asam tapi sangat berkhasiat untuk tubuh madu nya.

Proses pemeliharaan lebah

Dalam budidaya lebah juga harus dilakukan pemeliharan secara rutin, cek kebersihan kotak lebah, cek kesehatan koloni nya, cek sumber pakan sekitar peternakan.

Cek apakah ada hama penggangu lebah. Seperti semut, serangga lain, tikus, dll. Usahakan lebah nyaman tinggal di kotak.

Proses panen lebah madu

Sebelum panen, sebaik nya mengunakan pakaian khusus, agar terhindar dari sengatan lebah. Proses panen dengan cara mengunakan asap, dengan begitu lebah akan pergi dan madu bisa diambil di bingkai kotak nya.

Selain itu juga menghasilkan royal jelly, bee pollen, propolis yang mempunyai nilai jual ekonomis. Biasaya madu dipanen juka sudah berusia 2-3 bulan.

Siklus hidup lebah madu

tahapan daur hidup lebah

Siklus hidup lebah terjadi saat pertama kali ratu lebah kawin dengan lebah jantan di udara yang berlangsung 3-7 hari, ratu lebah bisa kawin dengan lebah jantan 7-12 ekor. Setelah kawin lebah jantan akan mati, dan ratu lebah akan kembali ke sarang untuk meletakkan telur-telur nya ke dalam sel sel rongga sarang.

daur hidup lebah adalah proses metamorfosis yang sempurna karena, melalui 4 fase yaitu proses telur, larva, pua dan terakir lebah dewasa atau imago. lebah adalah salah satu serangga yang siklus hidup nya paling sempurna dibanding dengan capung, lalat, nyamuk.

daur hidup lebah madu dimulai dari proses berikut ini :

Fase telur

dalam fase ini ratu lebah setelah kawin dengan pejantan akan meletakkan telur dalam sarang yang dibuat oleh koloni nya. sarang lebah terdiri dari banyak lubang, satu lubang hanya di isi oleh satu telur.

telur lebah berukuran 1,77mm jadi sangat kecil, dan unutk melihatnya harus dengan kaca pembesar. telur yang kan menjadi lebah pekerja bisanya mempunyai sel sarang yang agak besar dibanding dengan yang lain.

Fase Larva

metamorfosis setelah telur berumur 3 hari adala larva. Warna larva putih kecil seperti beras, tapi masih meringkuk dan berada di dalam sel sarang.

dalam proses daur hidup lebah ini, larva sangat rakus untuk makan, karena masa pertumbuhan. larva banyak dicari orang untuk keperluan pakan memancing ikan.

makanan larva ini adalah serbuk sari yang diberikan oleh koloni perawat. dalam tahap larva ini hanya membutuhkan waktu 5 hari, setelah itu tubuh larva akan bertumbuh besar.

Fase Pupa

fase pupa adalah proses metamorfosis pembentukan organ tubuh dalam lebah. Proses ini membutuhkan waktu 12 hari dalam penyempurnaan jadi lebah dewasa atau imago.

dalam fase pupa semua organ tubuh lebah sudah komplit dan siap untuk keluar dari sel sarang. Lalu dilanjutkan dengan proses menuju imago/lebah dewasa.

Fase Imago / Dewasa

ini adalah proses terakir siklus hidup lebah atau daur hidup lebah. Lebah sudah bisa keluar dari sarang dan bisa terbang. dan menjalankan tugas dan kewajiban masing-masing lebah menurut kasta mereka.

Ratu lebah madu

ratu lebah madu

Ratu lebah adalah ketua/pemimpin dari sebuah koloni lebah, bentuk nya paling besar diantara lebah lain nya. Ratu lebah harus dijaga agar tidak meninggalkan kotak lebah, agar koloni lebah pekerja tidak pergi meninggalkan sarang.

Ciri-ciri ratu lebah

Ciri ratu lebah antara lain :

  1. Ukuran tubuh ratu lebah lebih besar dari lebah pekerja
  2. Ukuran nya bisa 1,5x dari lebah pekerja
  3. Warna tubuh ratu lebah dominan warna hitam kecoklatan dan gelap

Fakta ratu lebah madu

Fakta Ratu lebah antara lain :

Dalam sehari bisa bertelur 1500-2000 butir telur.
Proses kawin dengan lebah jantan berlangsung di udara, proses kawin sekitar 3 hari.
Dalam musim kawin ratu lebah bisa kawin dengan lebah jantan sebanyak 7-12 ekor.
Harapan hidup ratu lebah bisa 4-5 thn.
Makanan utama ratu lebah adalah royal jelly.

Asal Lebah Ratu

Lebah ratu berasal dari larva yang diberi makan royal jelly oleh lebah perawat, setelah besar mereka akan menjadi ratu dan memimpin koloni nya. Ratu lebah hanya makan royal jelly sepanjang hidup nya.

Jika Ratu lebah mati

Jika ratu lebah mati makan para lebah pekerja akan memilih larva baru yang akan dijadikan ratu lebah, larva yang terpilih akan diberi makan royal jelly terus oleh lebah perawat. Jika sudah besar maka akan menjadi ratu lebah.

Cara mencari ratu lebah

Lebah ratu biasanya dikelilingi oleh para lebah pekerja, mereka memberi makan ratu lebah dengan royal jelly, jika ratu lebah berjalan maka lebah lain nya akan membuka jalan atau menepi.

Koloni lebah tanpa ratu

Akibat koloni tanpa ratu lebah maka koloni itu akan musnah, mereka pergi tanpa arah dan tidak akan kembali ke sarang lagi. Maka jika ingin koloni nya kuat dan banyak menghasilkan madu, harus dijaga agar setiap kotak koloni ada Ratu nya.

Berapa lama ratu lebah dikurung

Sesui dengan harapan hidup ratu lebah sekitar 4-5thn dan selama itu ratu lebah harus dikurung dalam kotak lebah, agar para lebah pekerja tidak meninggalkan kotak lebah.

Cara mengobati sengatan lebah madu

Cara mengobati sengatan lebah pada tubuh yang paling ampuh dan manjur adalah dengan mengolesi bekas sengatan dengan madu.

Berikut ini cara mengobati sengatan lebah :

  • Jangan panik dan jangan digaruk bekas sengatan nya
  • Cabut sengatan yang tertinggal di kulit
  • Bersikan bekas sengatan dengan air dan sabun
  • Kompres dengan es agar racun tidak menyebar
  • Bekas sengatan bisa dinetralkan dengan diolesi  madu
  • Bisa juga dioles dengan pasta gigi, bawang putih dan lidah buaya
  • Untuk orang awam biasa nya efek nya 2-3 hari baru hilang
  • Bisa ditambah minum obat anti nyeri

Manfaat lebah madu

Manfaat lebah madu untuk tumbuhan bisa membatu proses penyerbukan, jadi hasil buah akan maksimal karena dibantu oleh lebah madu. Konsumsi hasil produk dari lebah sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Berikut ini manfaat minum madu, antara lain :

  • Mempercepat penyembuhan luka
  • Menurunkan kadar kesterol jahat dalam tubuh
  • Membantu proses metabolisme tubuh
  • Menjaga kesehatan mulut dan gigi
  • Melindungi fungsi hati
  • Mengobati peradangan pada tenggorokan